Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca Di Android

Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca Di Android – Smartphone Android memang memiliki berbagai keunggulan pada system operasi dan hardware. Namun dibalik keunggulannya tersebut, perangkat Android juga mempunyai beberapa kelemahan. Salah satunya adalah pada bagian SD Card yang memang sulit terdeteksi ketika mengalami kerusakan. Sebetulnya hal semacam ini wajar terjadi namun alangkah baiknya segera diatasi.

Beberapa kesalahan yang mungkin menyebabkan kartu memori tidak bisa terbaca, yakni pengguna seringkali memindah-mindahkan memori card ke smartphone satu ke ponsel Android lainnya. Meskipun terlihat biasa saja, akan tetapi perangkat yang kerap mengcopy isi memory card dengan caea ini mampu mengores kuning pada kartu memori tersebut. inilah cara mengatasi SD Card yang tidak terbaca pada platform Android.

Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca Di Android

Tips Mengatasi SD Card Tidak Terbaca Di Android

  1. Membersihkan Kartu Memori

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika SD Card tidak terbaca atau tidak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan anda telah mematikan gadget terlebih dahulu. Setelah itu, lempengan tembaga atau yang berwarna kuning keemasan dengan penghapus pensil yang berwarna putih. Sebaiknya, gosok secara perlahan sampai bersih.  Apabila anda sudah lakukan, segera memasukkan kembali kartu memori ke dalam slot memori dan kemudian periksa apakah sudah terbaca atau belum.

  1. Melakukan Format dari Android

Apabila langkah pertama masih saja belum membuahkan hasil yang maksimal, cobalah untuk melakukan langkah kedua. Anda bisa melakukan format dari peragkat Android. Caranya adalah dengan masuk ke menu setting, lalu klik Storafe. Jika di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD Card. Sebaiknya anda segera menghapus SD Card yang dapat membuat memori bersih seperti baru lagi.

  1. Mengecek Error dari PC

Selanjutnya adalah langkah ketiga yang dapat anda coba, yakni dengan mengubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel. Namun  pastikan Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP). Jika sudah, anda harus segera membuka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu sampai seluruh proses selesai. Jangan lupa klik Eject kartu memorinya dan kemudian cek apakah sudah terbaca atau belum.

  1. Format dari Personal Computer

Kini saatnya anda melakukan format dari personal computer. Namun jika kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat dalam kondisi baik di computer, tetapi tetap tidak terbaca di perangkat Android. Anda mesti memuat folder baru di HardDisk, dan berinama sembarang asal anda ingat kalau folder baru tersebut akan menjadi tempat penyimpanansementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi. Lalu copy seluruh isi kartu memori dan paste dalam folder yang sudah dibuat tadi. Jika sudah langsung format kartu memori tersebut. Kemudian  kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat tadi.

Bagaimana, mudah sekali bukan Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca di Android. Semoga saja ulasan di atas bermanfaat bagi anda semua. Anda dapat mengikuti perkembangan daftar harga hp terbaru pada Android-Magz.com.

Leave a Reply