2 Cara Menghitung Kadar Emas secara Tepat

Perhiasan merupakan sebuah aksesoris yang selalu memikat Anda (khususnya bagi Anda para wanita), apalagi perhiasan yang terbuat dari bahan utama emas sangat dicari oleh banyak orang. Hal tersebut terjadi karena perhiasan emas memiliki keindahan yang khas dan elegan, selain itu perhiasan emas juga dapat disimpan dalam jangka waktu cukup lama karena perhiasan emas adalah jenis logam mulia yang sulit berkarat. Sehingga hal inilah yang juga menjadi alasan mengapa perhiasan emas memiliki harga yang tinggi, dan memang untuk mengetahui harga Anda perlu melihat kualitas dari perhiasan emas tersebut. Khususnya pada kadar yang dimlikinya, dimana jika kadar emasnya semakin murni, maka harganya pun juga tinggi (tidak termasuk detail desain). Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara menghitung kadar emas agar bisa mengetahui kadar yg dimilikinya dan membedakan keemurniannya dengan mengukur karat.

kadar emas

kadar emas

Cara Menghitung Kadar Emas

Nah, untuk bisa mengetahui kemurnian kadar pada perhiasan emas, Anda bisa menghitungnya denga dua cara berikut. Pertama, Anda bisa menghitung kadar dengan menggunakan mesin Karatimeter, dimana alat tersebut dapat melihat kadar emas tanpa harus merusak perhiasan Anda. Selain itu, mesin Karatimeter ini juga akan memberikan hasil kadar emas yang terkandung hanya dalam waktu menit saja. Dengan menggunakan mesin Karatimeter, emas Anda hanya perlu dipindai sekitar 2 menit dan hasil kadar emas Anda akan muncul pada sebuah layar komputer. Penggunaan mesin Karatimeter ini bisa dikatakan lebih efektif ketimbang cara lama yang mengharuskan Anda menggosokan emas Anda atau bahkan merendamnya di asam Sulfat, yang dapat beresiko membuat goresan dan memudarkan warna emas Anda sehingga bisa membuat emas Anda menjadi keropos.

Kedua, menggunakan teori Archimedes dimana cara menghitung kadar emas ini dilakukan dengan cara mengukur massa jenis emas tersebut. Bisa dilakukan dengan praktek dan juga menggunakan rumus. Anda bisa melakukan praktek dengan menyelupkan emas Anda pada tabung yang berisi air dan menghitungnya dengan menggunakan rumus untuk mengetahui perbedaannya. Rumus untuk menghitung kada emas sendiri adalah kadar sama dengan berat murni dibagi dengan berat benda dan dikali dengan 24 karat. Maka hasilnya akan menunjukan jumlah kadar emas yang terkandung di dalamnya.

Nah, bagaimana? Jika anda ingin membeli nya pastikan sudah tahu harga nya juga ya. EmasHariIni.Com adalah website yang tepat jika anda akan mencari tahu mengenai harga emas terbaru.

Leave a Reply