Cara Merawat Burung Murai Agar Tidak Mudah Sakit

Cara merawat burung murai – Burung murai memang cantik. Karena parasnya dan lekuk tubuhnya yang cantik ini membuat para pecinta burung suka memiliki burung murai. Jika Anda juga pecinta burung murai Anda bisa segera memiliki dan memeliharanya. Akan tetapi memang memelihara burung murai butuh perawatan karena jika Anda tidak jeli dalam merawatnya bisa – bisa burung Anda akan mengalami pertumbuhan yang kurang baik. Bahkan burung Anda bisa mudah sakit dan tidak lagi gacor.

Agar masalah seperti itu tidak terjadi pada burung Anda, Anda perlu berikan perawatan yang tepat. Tanyakan juga pada orang yang memiliki burung murai agar perawatan yang Anda lakukan tidaklah salah. Berikut bagaimana cara merawat burung murai agar tidak mudah sakit yang paling disarankan untuk Anda terapkan. Cek informasinya dulu dibawah ini!

Cara Merawat Burung Murai Agar Tidak Mudah Sakit

Lakukan pengembunan burung

Istilah lain pengembunan burung adalah mengangin – anginkan burung di pagi hari. Sebelum nantinya Anda mandikan burung, burung bisa diangin – anginkan dengan cara Anda letakkan di luar rumah. Tujuan dilakukan hal ini agar burung dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Anda bisa melakukan proses ini sekitar 30 menit.

Mandikan burung

Setelah Anda mengangin – anginkan burung, Anda bisa mandikan burung dengan cara disemprot atau dimandikan didalam kurungan. Burung murai yang bersih tentu akan lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit yang mengintai. Informasi cara merawat burung juga bisa anda peroleh di caramerawatburung.com.

Jaga kebersihan sangkar burung

Burung yang sehat juga tergantung dengan kebersihan tempat tinggalnya. Karena itu baiknya Anda harus secara rutin membersihkan sangkar burung dengan cara Anda singkirkan kotoran burung dan ganti air minum burung setiap harinya.

Berikan makan tepat waktu

Berikan porsi makan yang sesuai pada burung Anda. Misalkan sebanyak lima ekor jangkrik. Dalam Anda memberikan jangkrik ada triknya sendiri. Sebaiknya Anda tidak langsung memberikannya dengan tangan akan tetapi letakkan di tempat makanan burung. Fungsinya adalah agar burung bergerak sehingga tidak menjadi burung yang manja.

Dalam perawatan burung murai, itulah beberapa cara perawatan yang tepat dilakukan agar burung Anda tidak mudah sakit. Selamat mencoba dan dapatkan burung yang sehat setiap saat.

Leave a Reply