7 Cara Menghargai Keberagaman dan Kebiasaan Antar Daerah

Kebiasaan Antar Daerah

Telah kita ketahui bahwasanya bangsa kita memiliki keberagaman yang berbeda-beda. Baik suku, agama, adat istiadat, budaya, ras dan sebagainya. Hal ini bisa kita lihat dengan kegiatan yang dilakukan dalam sehari-hari. Misalnya dalam berbahasa, bentuk rumah, tradisi serta pakaian adat dari daerah masing-masing. Seperti yang terkadang kita lihat diacara-acara pernikahan ditelevisi. Banyak sekali terdapat perbedaan, mulai dari prosesi pernikahan yang melakukan siraman, pingitan menjelang pernikahan, serta pakaian adat yang digunakan. Itu terlihat sangat jelas perbedaan yang ada.

Selain itu, pernahkah kamu memperhatikan disekolahmu, adakah temanmu yang memiliki sifat yang lembut, pendiam, yang suka bercanda, logat bahasa yang berbeda, yang memiliki kebiasaan yang tidak sama denganmu? Tentunya ada donk ya. Itu adalah salah satu contoh keberagaman yang ada disekolah. Meskipun banyak terdapat perbedaan, namun dalam perlakuan sekolah, tetap diperlakukan secara sama tanpa membedakan satu diantara yang lainnya.

Keberagaman tersebut, menuntut kita untuk berpikir, bersikap, berprilaku sebagai manusia yang saling menghargai, menghormati dan mampu bergaul dengan perbedaan tersebut. Dengan adanya perbedaan tersebut, dapat membuat kita mengetahui dan mendapat pengetahuan yang lebih luas lagi tentang berbagai keberagaman yang ada di Indonesia ini.

Dalam semua perbedaan tersebut, memiliki makna dan kepercayaan tersendiri bagi setiap masyarakat dari berbagai daerah tersebut. Untuk itu kita harus bisa menghargai norma dan kebiasaan antar daerah di Indonesia ini. Agar persatuan dan kesatuan bangsa kita tetap terjaga, aman dan tentram.

Menghargai norma dan kebiasaan antar daerah di Indonesia dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Memahami perbedaan norma, sikap, prilaku dan kebiasaan yang ada dalam lingkungan.
  2. Tidak menganggap rendah orang lain.
  3. Selalu mendukung perbuatan baik teman yang berbeda budaya.
  4. Tidak memilih-milih teman meskipun ada berbagai perbedaan.
  5. Menjaga kerukunan antar masyarakat.
  6. Menjunjung tinggi sikap toleransi dan kebersamaan.
  7. Sikap menghormati norma dan kebiasaan yang berbeda.

Bangsa Indonesia memiliki bermacam-macam suku bangsa, kebudayaan, kebiasaan, norma dan latar belakang yang bervariasi. Dengan adanya keberagaman tersebut dapat membuat hidup bangsa Indonesia menjadi lebih indah dan bermakna. Karena perbedaanlah yang dapat menyatukan sebuah kebersamaan. Perbedaan dalam kebersamaan inilah yang harus kita pupuk, agar seluruh anak bangsa dibangun oleh persatuan tanpa melihat dan membedakan suku, ras, dan agama.

Untuk itu, jagalah selalu keberagaman dan kebiasaan antar daerah di Indonesia ini dengan tidak saling membeda-bedakan, tidak pilih memilih teman, dan sebagainya. Selalu ciptakan suasana saling menghargai dan menghormati satu sama lain, agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply