Jenis Keputihan Pada Perempuan dan Gejala-Gejalanya

Keputihan Pada Perempuan

Seringkali perempuan mengalami keputihan. Keputihan ini dialami oleh perempuan di segala usia. Gejala penyakit yang ditandai keluarnya cairan dari organ reproduksi disebut dengan Keputihan. Keputihan dapat dibedakan menjadi dua yaitu keputihan normal dan tidak normal.

Lalu apa sih beda dari dua jenis keputihan tersebut? Yuk, kita pahami dari penjelasan berikut:

1. Keputihan Tidak Normal

Keputihan tidak normal, memberitahukan bahwa adanya gangguan dan penyakit lain pada sistem reproduksi perempuan. Keputihan tidak normal disebabkan oleh infeksi virus Herpes simeks dan Human Papilloma Virus (HPV).

Penyebab dari keputihan tidak normal ditandai dengan cairan berbau, tanpa rasa gatal, warnanya kekuning-kuningan sampai hijau, sering kali kental dan berbau.

Nah, infeksi organ perempuan ini disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, Bakteri yang ciri keputihannya bernanah dan berwarna kekuningan. Kedua, disebabkan oleh Jamur, ciri keputihannya cairan kental, berwarna putih susu dan disertai rasa gatal. Ketiga, disebabkan oleh Parasit, cairannya banyak berbuih seperti air sabun, berbau, tidak terlalu gatal dan nyeri saat buang air kecil.

Jika kamu mengalami tanda-tanda diatas, itu namanya Keputihan tidak normal. Hal ini harus segera diobati, karena akan menimbulkan penyakit radang panggul yang berlarut-larut dan dapat menyebabkan kemandulan karena tersumbatnya saluran telur.

2. Keputihan Normal

Sedangkan keputihan normal ditandai dengan saat mengalami kondisi sebagai berikut:

  • Haid kali pertama, namun akan hilang dengan sendirinya.
  • Pada masa subur perempuan. Hal ini terjadi karena kadar hormon esterogen yang meningkat.
  • Bayi yang baru lahir sampai umur 10 hari, karena akibat pengaruh hormon estrogen ibu terhadap rahim dan vagina janin saat janin masih dalam kandungan.
  • Pada perempuan dewasa apabila ia dirangsang. Hal ini terjadi akibat pengaruh transudasi dari dinding vagina.

Untuk menghindari keputihan, kamu harus menjaga kebersihan alat kelamin luar. Ini sangat penting sekali untuk mencegah timbulnya keputihan dan mencegah Penyakit Menular Seksual (PMS). Daerah alat kelamin dan sekitarnya harus diusahakan tetap kering tidak lembab dan tetap bersih. Jika lembab, akan menimbulkan iritasi dan memudahkan timbulnya jamur serta kuman penyakit.

Nah, sahabat PaulCrilley.com sudah sewajibnya kita membersihkan alat kelamin luar. Agar terhindar dari infeksi bakteri, jamur dan Parasit. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply