Konsep Dasar Kebutuhan Nutrisi Sesuai Umur

Setiap manusia yang hidup di dunia ini membutuhkan nutrisi untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Hanya saja, setiap orang membutuhan nutrisi dengan jumlah dan ketentuan berbeda.

Konsep Dasar Kebutuhan Nutrisi Sesuai Umur

Hal ini pula yang menyebabkan konsep dasar kebutuhan nutrisi untuk setiap umur berbeda. Dimana umumnya perbedaan ini didasarkan karena perbedaan umur. Nah berikut adalah konsep dasar kebutuhan nutrisi untuk setiap umur.

  1. Umur 0-12 bulan

Pada balita yang masih dalam usia di bawah 1 tahun, konsep dasar kebutuhan nutrisi yang diterapkan antara lain adalah 110-120 kalori/kg/hari. Kemudian diimbangi dengan kebutuhan cairan yang lebih banyak yaitu 140-160 ml/kg/hari.

  1. Umur 1-3 tahun

Setelah memasuki usia 1 tahun, balita akan memasuki masa emas dalam hidupnya. Dimana pada masa ini mereka begitu membutuhkan nutrisi yang lengkap dan cukup sehingga perkembangan dan pertumbuhan dapat terjadi dengan maksimal.

Untuk kebutuhan kalori balita usia 1 tahun adalah 100 kcal/hari dan untuk balita 3 tahun  adalah 300 – 500 kcal/hari.

  1. Umur 6 – 12 tahun

Memasuki masa kanak-kanak, mereka akan membutuhakn kalori dalam jumlah yang jauh lebih besar mengingat pada usia ini pula anak-anak banyak melakukan kegiatan di luar rumah yang membutuhkan energi dalam jumlah besar.

konsep dasar kebutuhan nutrisi untuk anak usia 6 – 12 taun adalah 1400 kcal/hari hingga 1900 kcal/hari.

  1. Umur 13 – 21

Saat masuk pada fase remaja, aktifitas fisik seseorang biasanya akan berkurang, namun penggunaan energi untuk berfikir biasanya akan meningkat tajam. Untuk itulah nutrisi yang dibutuhkan pun harus lengkap dan banyak, seperti kalori, mineral, protein, dan vitamin dalam jumlah banyak.

  1. Umur 23 – 30

Kemudian pada masa dewasa atau ketika seseorang sudah memasuki usia 23 tahun hingga 30 tahun, maka seseorang membutuhkan nutrisi bukan hanya untuk kegiatan sehari-hari dan pertumbuhan namun juga untuk pemeliharaan tubuh.

Oleh sebab itu, nutrisi yang dibutuhkan pun jauh lebih ditekankan pada kualitas dan bukan kuantitas (banyak). Semakin baik kualitas nutrisi dan tipe nutrisi maka akan semakin baik pula pemeliharaan tubuh.

  1. Umur 31 – 45

Pada cakupan usia ini, seseorang benar-benar harus mampu membedakan apakah pekerjaan yang dilakukanya adalah pekerjaan ringan, sedang atau berat. Dimana perbedaan jenis pekerjaan ini nantinya akan berpengaruh pula pada kebutuhan nutrisi masing-masing orang.

  1. Umur 46 ke atas

Dibanding pada masa dewasa, kebutuhan nutrisi seseorang saat sudah menginjak usia 46 tahun ke atas akan berkurang drastis. Bahkan angka pengurangan kebutuhan nutrisi mereka mampu mencapai angka 30%.

Pengurangan kebutuhan nutrisi ini tak kain dikarenakan beberapa hal seperti degeneratif dan sistem pencernaan yang sudah tidak bekerja dengan maksimal.

Jadi dapat disimpulkan jika konsep dasar kebutuhan nutrisi sangat tergantung dengan tingkat perkembangan usia seseorang dan bagaimana kegiatan yang dilakukannya setiap saat.

Leave a Reply