Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan kiwi meliputi perawatan kulit, peningkatan kesehatan kardiovaskular, tekanan darah rendah, dan pencegahan stroke. Ini juga membantu dalam pengobatan kanker, insomnia, degenerasi makula, dan diabetes. Karena senyawa kaya flavonoid yang ditemukan di kiwi, ini juga membantu selama kehamilan dan meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Selain itu, sifat anti-mikroba kiwi menjaga terhadap berbagai patogen dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Apa itu Kiwi

manfaat kiwi

manfaat kiwi

Buah kiwi adalah buah berry yang lezat dari pohon anggur berkilau dan populer dan dikenal dengan versi singkatnya sebagai ‘kiwi’. Ini asli ke China dan disebut sebagai buah nasional negara ini. Awalnya dikenal sebagai ‘Yang Tao’, kiwi adalah buah berwarna coklat oval berbentuk kusam dengan tekstur yang kabur. Bagian dalam bubur jagung adalah daging hijau terang, semi tembus pandang dan terang dengan pola bercahaya lonjakan bunga ringan, berbintik-bintik dengan beberapa biji hitam kecil yang dapat dimakan. Buah kiwi memiliki rasa unik dan menyegarkan dengan tekstur lembut dan lembut. Genus Actinidia yang mencakup kiwi terdiri dari sekitar 60 spesies. Secara global, varietas yang paling banyak dikonsumsi adalah ‘kabur’ dan ’emas’.

Kiwi dibawa dari China ke Selandia Baru pada awal abad 20 oleh para misionaris. Dengan apresiasi buah eksotis ini, orang-orang dari Selandia Baru menamainya sebagai Gooseberry China. Kemudian, diimpor ke Amerika Serikat di mana ia menjadi sangat populer. Setelah beberapa kali mengalami penggantian gigi, buah tersebut akhirnya dinamakan ‘kiwi’ untuk menghormati burung nasional Selandia Baru karena penampilannya yang kecil dan kabur, menyerupai bulu bulu burung kiwi cokelat terbang. Italia, Selandia Baru, Prancis, Jepang, Cile, dan Amerika Serikat merupakan kontributor utama produksi komersial buah ini.

Nilai Gizi Buah Kiwi

Buah buah kiwi kecil menyimpan banyak kejutan nutrisi. Ini adalah sumber vitamin C yang sangat baik (asam askorbat). Vitamin lainnya termasuk vitamin A, folat, vitamin E (alfa-tocopherol), dan vitamin K (phylloquinone) juga hadir dalam jumlah yang baik. Kekayaan mineral kiwi mencakup jumlah potasium yang luar biasa bersama mineral lainnya seperti kalsium, magnesium, dan fosfor. Semua nutrisi penting dalam buah ini datang dengan tambahan serat makanan.

Manfaat Kesehatan Kiwi

Meningkatnya popularitas global dari buah Kiwi dengan campuran yang menakjubkan dari penampilan, rasa, dan aset nutrisinya yang unik. Manfaat buah untuk kondisi medis telah dibahas seperti di bawah ini:

Sifat antioksidan

Kiwi menawarkan jumlah vitamin C yang mengesankan bersamaan dengan komponen fenolik dan karotenoid lainnya yang meningkatkan kesehatan. Sebuah studi komparatif yang melibatkan kiwi, jeruk, dan jeruk telah mengungkapkan bahwa buah kiwi mengandung kualitas antioksidan yang lebih kuat dibandingkan dengan yang terakhir. Menghadapi adanya fitokimia bergizi, ia memiliki kemampuan untuk melindungi DNA yang ada di sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga mengurangi risiko radang dan penyakit.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti yang disebutkan, buah kiwi kaya akan polifenol pelindung bersamaan dengan vitamin C, vitamin E, dan potassium yang efektif dalam perawatan kesehatan kardiovaskular. Sebuah penelitian investigasi telah mengungkapkan bahwa buah ini memberikan aktivitas penghambatan yang membantu dalam pengurangan trigliserida dalam darah. Menurut penelitian, konsumsi beberapa kiwi setiap hari membantu mengurangi respons agresi platelet atau risiko pembekuan darah. Efek fibrinolitik buah pada pembuluh darah Anda mencegah risiko gangguan tromboemboli dan jantung seperti aterosklerosis.

Menginduksi Tidur yang Lebih Baik

Ini adalah sumber serotonin yang membantu untuk mempromosikan tidur yang lebih baik. Studi investigasi yang dilakukan dalam hal ini menunjukkan bahwa konsumsi kiwi membantu dalam meningkatkan kualitas tidur. Ini juga dapat membantu dalam memperbaiki onset tidur dan mengurangi waktu bangun setelah onset, sehingga memberikan kelegaan dari gangguan tidur. Buah ini mengandung flavonoid seperti naringenin, quercetin, rutin, catechin, epicatechin, yang memodulasi reseptor penginduksi tidur dan dianggap sebagai obat penenang berbasis tanaman. Mengaitannya dengan ini, kulit kiwi merupakan ramuan kuat untuk pengembangan alat bantu tidur alami.

Leave a Reply