Wow! Manfaat Flaxseed Ini Sangat Menakjubkan

Manfaat kesehatan dari biji rami telah menjadikannya bagian dari masakan tradisional Asia, Amerika, dan Afrika. Nilai gizi dan manfaat kesehatannya yang tinggi bisa melebihi jumlah yang ditawarkan oleh sereal lainnya. Ini adalah sumber asam alfa-linolenat yang kaya, asam lemak omega-3, dan lignan. Komponen ini secara kolektif melawan banyak penyakit dan penyakit, termasuk penyakit kardiovaskular, radang, radang sendi, alergi, asma, dan diabetes.

Flaxseed mengurangi risiko berbagai jenis kanker dan meningkatkan kesehatan reproduksi pada wanita. Ini juga merupakan sumber vitamin dan serat yang kaya, yang menjaga jantung dan usus tetap sehat. Ini membantu menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut.

manfaat flexseed

manfaat flexseed

Manfaat Kesehatan Flaxseed

Ada banyak manfaat kesehatan dari biji rami yang dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas makanan Anda. Mari kita lihat beberapa di antaranya secara rinci:

Batasi Asupan Kalori

Flaxseed merupakan bagian penting dari banyak program diet karena menjaga tingkat gula darah tetap terkendali. Karena adanya serat, perut tetap kenyang dan menghindari asupan kalori berlebih melalui makan berlebih.

Perawatan kulit

Minyak biji rami dapat menyembuhkan daerah kulit yang meradang dalam kasus jerawat, rosacea, dan eksim. Aplikasi topikal minyak ini menyembuhkan sengatan sinar matahari secara efektif.

Perawatan Rambut

Minyak biji rami dapat mengobati rambut dan kuku yang rapuh dan mencegahnya membelah. Hal ini juga efektif terhadap kondisi kulit kepala yang mengganggu yang disebabkan oleh eksim.

Mencegah Kanker

Ada banyak fitokimia dalam biji rami yang bertindak sebagai antioksidan, yang merupakan agen utama dalam mencegah dan melawan kanker. Juga, ini adalah sumber lignan yang kaya, yang mengubah menjadi bahan kimia yang menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Ada bukti bahwa lignans membantu kesehatan reproduksi, mencegah gejala menopause, dan melawan efek diabetes tipe-2. Selain itu, asam lemak omega-3 dalam biji ini telah terbukti dapat mengurangi risiko kanker payudara, prostat, dan usus besar sesuai jurnal Nutrition and Cancer.

Meningkatkan Kesehatan Gastrointestinal

Flaxseed kaya akan serat, baik yang larut maupun yang tidak larut. Sementara serat larut membantu mempertahankan fungsi gastrointestinal yang tepat, serat yang tidak larut memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk). Sifat biji rami ini juga membantu menjaga kadar gula darah normal bagi penderita diabetes.

Meningkatkan Kesehatan Keseluruhan

Flaxseed kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin E, serta mineral seperti magnesium, potassium, dan zat besi. Vitamin E sangat penting untuk kesehatan kulit dan tulang. Kalium mempertahankan kesehatan saraf dan zat besi merupakan komponen vital sel darah merah dan banyak enzim yang mempengaruhi metabolisme umum kita.

Sumber Protein yang Baik

Flaxseed adalah sumber protein diet yang kaya, memiliki indeks asam amino esensial yang tinggi, dan menyediakan sebagian besar asupan protein harian yang dibutuhkan tubuh kita.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Flaxseed adalah sumber yang baik flavon C-glikosida, menurut “Fitokimia dan Phytopharmaceuticals”. Senyawa polifenol ini menghambat peroksidasi lipid, agregasi trombosit, dan permeabilitas kapiler dan kerapuhan, sehingga menyebabkan kejadian penyakit kardiovaskular lebih rendah.

Pertarungan Peradangan

Flaxseed adalah sumber asam lemak omega-3 yang hebat, didahului hanya oleh minyak ikan. Asam lemak omega-3 adalah agen paling aktif yang memerangi peradangan di tubuh. Peradangan adalah penyebab utama penyakit jantung, asma, alergi, diabetes, dan bahkan kanker tertentu.

Leave a Reply