Simak, Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil – Tidur merupakan salah satu kebutuhan penting bagi setiap manusia, dengan tidur kita dapat mengistirahatkan kinerja tubuh. Terlebih lagi untuk ibu hamil karena dengan tidur kurang lebih 7 – 9 jam dalam satu hari dapat menjaga kestabilan tekanan darah.


Ibu hamil pada trimester pertama dapat melakukan segala posisi tidur untuk mendapatkan kenyamanan dalam tidurnya. Namun ibu hamil akan khawatir dengan posisi tidurnya jika perut ibu semakin membesar karena takut akan tidak kenyamanan si janin.

Pada dasarnya manusia di ciptakan begitu sempurna termasuk seorang ibu, karena tubuh ibu adalah tempat yang nyaman dan melindungi perkembangan janin. Namun demikian tidaklah boleh sembarangan melakukan posisi tidur untuk ibu hamil, karena jika kita salah dalam posisi tidur maka dapat membahayakan janin.

Berikut adalah beberapa posisi yang baik untuk ibu hamil antara lain :
1. Dengan Posisi tidur tengkurap
Posisi tengkurap ini adalah posisi yang aman untuk ibu hamil, namun jika kehamilan telah menginjak trimester kedua sampai ketiga maka posisi ini sangatlah tidak dianjurkan. Karena posisi ini dapat membuat ibu hamil yang menginjak trimester kedua sampai ketiga menjadi tidak nyaman. Sebab bertambah besarnya perut dan payudara ibu yang lebih sensitive.

2. Dengan posisi tidur telentang
Posisi terlentang ini sangat dianjurkan , akan tetapi jika setelah kehamilan menginjak 16 minggu sebaiknya ibu hamil janganlah tidur dengan posisi terlentang. Posisi terlentang ini dapat meningkatkan resiko terkena sakit pinggang, wasir, penurunan tekanan darah, gangguan pencernaan dan dapat mengganggu sirkulasi pernapasan.

3. Dengan posisi tidur yang miring
Posisi tidur ini merupakan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Karena selama ini kebanyakkan dokter menyarankan ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring hingga akhir dari kehamilan. Dengan tidur mengunakan posisi miring membuat aliran darah menjadi lancar sehingga janin akan mendapatkan nutrisi langsung ke plasenta janin. Selain itu juga posisi ini dapat mengurangi resiko tekanan organ dari dalam tubuh ibu hamil ke janin. Serta dapat membuat ibu terhindar dari pembengkakan kaki maupun tangan karena lancarnya kinerja ginjal. Lakukan posisi ini secara bergantian supaya badan tidak pegal karena posisi yang miring ke satu arah itu saja.

Demikian penjelasan dari saya tentang bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Dapatkan informasi menarik lainnya di tentangibu.com. Nah, Semoga bermanfaat demi kesehatan dan kebaikan ibu dan si bayi.

 

Leave a Reply