5 Bahaya Terlalu Sering Bermain Sosial Media

Sosial Media

Bicara tentang Sosmed (sosial media), apa yang telintas dipikiran kamu? Humm, tentunya kamu akan berpikir bahwa Sosmed itu dunia bermain yang sangat mengasyikkan. Sampai-sampai kamu lupa waktu dan akhirnya tugasmu terbengkalai.

Karena keasyikannya, kamu akan sering bermain Sosmed secara terus menerus. Tanpa memperhatikan dan bersosialisasi dengan keadaan yang ada disekitarmu. Hal itu akan berpengaruh tidak baik loh, terutama dalam bermasyarakat.

Jika terlalu sering bermain Sosial media tanpa bersosialisasi dengan orang disekitar/masyarakat, akan menimbulkan akibat seperti berikut:

1. Ketinggalan informasi/perkembangan dalam lingkungan

Bermain Sosmed salah satu hiburan diri. Akan tetapi jangan terlalu larut. Luangkan sedikit waktu untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitarmu, agar kamu mengetahui informasi dan perkembangan yang terjadi dilingkunganmu. Jika tidak, kamu akan ketinggalan perkembangan tersebut.

2. Kurang mengenal masyarakat

Apabila kamu kurang bersosialisasi dengan masyarakat, maka kamu tidak bisa mengenal orang-orang disekitarmu dengan baik, kamu tidak bisa menyatu dengan mereka. Karena kebanyakan menghabiskan waktu dengan internet.

3. Tidak bisa menyesuaikan diri

Selain itu akibatnya, jika kamu berada dalam kegiatan bersama dengan masyarakat kamu tidak akan bisa menyesuaikan diri dengan mereka. Baik dalam adat, budaya, norma dan lainnya. Itu tidak akan menjadikan kamu sebagai warga masyarakat yang utuh, karena tidak sejalan dengan mereka.

4. Potensi diri tidak akan berkembang

Sosmed hanya digunakan sebagai hiburan semata. Itu tidak akan bisa mengembangkan potensi yang kamu miliki. Karena potensi akan berkembang melalui interaksi antar sesama.

5. Akan dinilai sombong

Akibat kamu tidak memperhatikan, tidak bergaul, tidak meluangkan waktu dengan orang disekitarmu, hanya dirumah duduk dihadapan komputer/ponsel, kamu akan dinilai sebagai orang yang sombong karena tidak bersosialisasi dengan mereka.

Nah sahabat Paul Crinney, jelas bahwa media sosial sangat berpengaruh terhadap dunia kita. Kamu akan menghabiskan waktu tanpa bersosialisasi dengan masyarakat. Padahal manusia itu adalah makhluk sosial, tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Maka dari itu, luangkan waktumu sedikit untuk bersosialisasi dengan sekitarmu. Agar tidak menimbulkan akibat atau tanggapan yang kurang baik pada dirimu. Semoga bermanfaat ya 🙂

Leave a Reply